5 Cara Meningkatkan Pengalaman Belajar Al-Qur’an

 

Al-Qur’an adalah sumber pedoman terakhir dan terpenting bagi semua umat Muslim. Baik itu di saat-saat suka maupun duka. Umat Islam berusaha menemukan pelipur lara di dalam kitab suci Al-Qur’an setiap saat. Masalahnya, kebanyakan orang tidak memiliki cukup waktu untuk membaca Al-Qur’an lembar demi lembar setiap hari.

Jika kita termasuk salah satu dari orang-orang ini, maka kita mungkin merasa kehilangan bagian penting dari iman kita. Sebenarnya, ada banyak cara untuk memaksimalkan waktu kita untuk belajar dan mengetahui lebih banyak tentang Al-Qur’an dan bagaimana Al-Qur’an membimbing iman kita sebagai seorang Muslim. Berikut beberapa cara meningkatkan pengalaman belajar Al-Qur’an yang dapat kita terapkan.

Mencari Guru Al-Qur’an

Jika kita memiliki guru yang tahu banyak tentang Al-Qur’an, kita akan memiliki kesempatan untuk belajar Al-Qur’an secara personal dengan mereka. Ini adalah cara yang bagus untuk belajar lebih banyak tentang Al-Qur’an karena kita memiliki guru yang dapat menjelaskan Al-Qur’an kepada kita sesuai dengan tingkat dan kemampuan kita.

Seorang guru Al-Qur’an yang telah berpengalaman dapat membantu kita memahami Al-Qur’an dengan lebih baik dan menemukan lebih banyak relevansi antara apa yang kita baca dengan yang kita jalankan di kehidupan sehari-hari. Jika kita menemukan kesulitan dalam mencari  secara privat, kita juga dapat bergabung dengan kajian-kajian atau kelas-kelas yang mempelajari Al-Qur’an secara bersama dan berkelompok. Dengan begitu, selain kita dapat lebih banyak mempelajari Al-Qur’an kita juga dapat menciptakan lingkungan yang memiliki ketertarikan yang sama dalam mempelajari Al-Qur’an

Mendengarkan Bacaan Al-Qur’an

Cara yang bagus untuk mempelajari lebih lanjut tentang Al-Qur’an dan pesannya adalah dengan mendengarkan bacaan kitab Al-Qur’an (murottal). Ada banyak bacaan yang tersedia untuk kita dengarkan, dan sebagian besar tersedia secara gratis. Kita dapat mengunduh murottal tersebut di handphone dan mendengarkannya kapanpun dan dimanapun. kita juga dapat memutarnya di rumah saat sedang beraktivitas atau Ketika akan beristirahat. Selain itu, kita juga dapat mendengarkan bacaan Al-Qur’an saat sedang mengemudi di dalam mobil. Dengan cara ini, kita dapat mempelajari Al-Qur’an tanpa harus duduk dan membutuhkan waktu yang banyak.

Membaca Terjemahan Al-Qur’an

Ada banyak terjemahan Al-Qur’an yang dapat kita baca dan pelajari. Jika kita benar-benar ingin memahami Al-Qur’an tetapi tidak punya waktu untuk membaca semuanya, kita juga dapat membaca terjemahannya. Dengan cara ini, kita bisa mendapatkan gambaran umum tentang pesan Al-Qur’an dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Kita juga dapat mencari buku yang membandingkan berbagai terjemahan Al-Qur’an, sehingga kita dapat melihat bagaimana penerjemah yang berbeda mencoba membuat teks yang sama masuk akal dalam bahasa dan budaya mereka sendiri.

Mempelajari tentang Orang dan Peristiwa dalam Al-Qur’an

Cara lainnya untuk mempelajari lebih jauh tentang Al-Qur’an adalah dengan belajar tentang orang-orang dan peristiwa-peristiwa yang disebutkan dalam Al-Qur’an. Dengan cara ini, kita dapat melihat bagaimana Al-Qur’an berlaku untuk situasi kehidupan nyata dan bagaimana Al-Qur’an berlaku untuk umat Islam di waktu dan tempat yang berbeda. Saat membaca Al-Qur’an, cobalah untuk mencari tahu lebih banyak tentang orang-orang dan peristiwa yang disebutkan. Misalnya, jika kita membaca sebuah ayat yang menyebutkan Musa, kita dapat mencari informasi lebih lanjut tentang Musa dan melihat bagaimana kisahnya diceritakan dalam Al-Qur’an. Hal yang sama berlaku untuk orang lain dan peristiwa lain yang disebutkan dalam Al-Qur’an.

Membaca Buku-Buku tentang Islam

Jika kita ingin lebih mendalami pengalaman belajar Al-Qur’an kita dan belajar lebih banyak tentang Islam, maka kita dapat membaca buku-buku tentang Islam yang ditulis oleh para cendekiawan muslim. kita dapat menemukan banyak buku tentang Islam untuk pemula dan untuk pembaca di semua tingkatan, sehingga kita dapat belajar tentang Islam pada tingkat yang kita inginkan dan butuhkan. Buku-buku ini akan memberi kita gambaran umum tentang Islam dan Al-Qur’an, dan juga akan membantu menemukan relevansi dalam Al-Qur’an pada kehidupan sehari-hari.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara yang dapat kita gunakan dalam meningkatkan pengalaman kita mempelajari Al-Qur’an. Sebenarnya banyak sekali cara yang dapat kita lakukan, sesuai dengan kenyamanan kita masing-masing. Kita sendirilah yang mengetahui, cara yang terbaik menurut versi kita. Beberapa cara tadi hanyalah gambaran kecil, betapa banyaknya cara yang dapat kita lakukan, sehingga kita tidak lagi mengeluh dan kesulitan dalam mempelajari ataupun berinteraksi dengan Al-Qur’an. Wallahu a’lam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nineteen − three =