Pengetahuan Banyak, Penerapan Sedikit

Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah mengatakan, “Aku memohon kepada Allah agar menolong aku dan kalian semua untuk mengamalkan apa yang telah kita ketahui. Karena ilmu yang telah kita ketahui banyak, akan tetapi hanya sedikit yang kita amalkan.” Kitabul Ilmi 86

Kita semua menginginkan untuk menjadi lebih baik, meningkatkan diri kita, dan mencapai kesuksesan dalam hidup kita. Namun, seringkali kita menemukan diri kita terjebak dalam situasi di mana kita tahu banyak hal, tapi sedikit yang kita lakukan untuk menerapkannya. Fenomena ini terlihat dalam berbagai bidang, dari belajar bahasa baru hingga mencapai tujuan kesehatan.

Salah satu alasan utama mengapa kita gagal dalam menerapkan pengetahuan kita adalah karena kita seringkali terlalu fokus pada proses belajar itu sendiri. Kita suka mengumpulkan informasi, mengikuti kursus, dan mengunjungi seminar, tapi kita lupa untuk mengaplikasikan apa yang kita pelajari. Kita lebih suka mengkoleksi pengetahuan daripada mengaplikasikannya, seolah-olah kita merasa bahwa dengan mengetahui sesuatu saja sudah cukup.

Selain itu, kita juga seringkali dibatasi oleh rasa takut akan kegagalan. Kita takut melakukan kesalahan atau tidak berhasil dalam menerapkan apa yang kita pelajari, sehingga kita lebih memilih untuk tidak mencobanya sama sekali. Namun, ini adalah kesalahan besar, karena tanpa mencoba, kita tidak akan pernah tahu apakah kita dapat mengaplikasikan pengetahuan kita dengan baik atau tidak.

Kebiasaan ini juga dapat disebabkan oleh kurangnya motivasi dan tujuan yang jelas. Tanpa motivasi yang kuat, kita sulit untuk mendorong diri kita untuk mengaplikasikan apa yang kita pelajari. Begitu juga, tanpa tujuan yang jelas, kita tidak tahu apa yang harus kita lakukan dengan pengetahuan yang kita miliki.

Selain itu, faktor lain yang dapat menyebabkan kita gagal dalam menerapkan pengetahuan adalah kurangnya konsistensi. Konsistensi adalah kemampuan kita untuk terus menerus mengikuti rencana yang telah kita tetapkan dan menjalankan tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan kita. Tanpa konsistensi, kita akan cenderung untuk tidak fokus dan mudah terdistraksi oleh hal-hal lain yang tidak penting.

Dalam mengatasi masalah ini, kita harus berusaha untuk meningkatkan motivasi, disiplin, dan konsistensi kita. Kita harus menemukan alasan yang kuat untuk menerapkan pengetahuan yang telah kita pelajari, dan kita harus berusaha untuk mengubah kebiasaan kita dan mengikuti rencana yang telah kita tetapkan. Kita juga harus berusaha untuk meningkatkan disiplin kita dengan menetapkan tujuan yang jelas dan merencanakan tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Selain itu, kita juga harus berusaha untuk menjadi lebih konsisten dengan terus menerus melakukan tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan kita.

Untuk membantu kita dalam menerapkan pengetahuan yang telah kita pelajari, kita juga dapat mencari dukungan dari orang lain. Dukungan dari orang lain dapat membantu kita untuk tetap fokus dan tetap berada di jalur yang benar. Kita juga dapat mencari dukungan dari orang lain dengan menjadi bagian dari kelompok atau komunitas yang memiliki tujuan yang sama dengan kita.

Secara keseluruhan, fenomena pengetahuan banyak namun sedikit yang diterapkan adalah masalah yang umum ditemukan dalam berbagai bidang. Namun, dengan meningkatkan motivasi, disiplin, dan konsistensi kita, serta mencari dukungan dari orang lain, kita dapat mengatasi masalah ini dan menerapkan pengetahuan yang telah kita pelajari dalam kehidupan sehari-hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 − 6 =